SURABAYA. 13/8/2018. Universitas Brunei Darusalam (UBD) melakukan aktivitas kuliah kerja nyata (KKN) di Desa Kemloko, Kecamatan Nglegok, Kabupaten Blitar selama satu bulan. Desa yang berada di pedalaman Provinsi Jawa Timur, ternyata menjadi lokasi KKN Internasional (Asia Tenggara) yaitu dari UBD. UBD memiliki program "Community Social Service" yang wajib dilakukan oleh mahasiswa yang lokasinya di luar negeri.Kehadiran mahasiswa UBD ini dapat menginspirasi bagi warga Desa Kemloko untuk bangkit membangun desanya yang berbasis agraris.

Masyarakat mulai timbul kesadaran baru untuk mendevelop menjadi Desa Wisata edukasi budaya tradisional, kuliner, kerajinan, tanam padi, tanam kakao, dan akuakultur (ikan) Koi.Mahasiswa UBD yang ber-KKN di Kemloko memiliki benefit yang sangat positif dan bersifat progresif. Secara tidak langsung, warga Desa Kemloko mulai berbenah untuk nenjaga lingkungan rumah dan masyarakat yang sehat supaya rumah penduduk di masyarakat desa tersebut bisa dijadikan rumah tinggal atau (homestay).

Dengan demikian pemilik rumah dapat penghasilan tambahan.Selain itu, masyarakatt Desa Kemloko, mendapatkan imbas "kecipratan" finansial sehari-hari karena mahasiswa akan belanja di sekitarnya. (Tubiyono)